Wednesday, June 14, 2006

Melihat Matamu

`Astrocytoma, sayang
Kamu bisa mencari informasinya melalui internet`

Aku tahu itu bukan cara terbagus untuk berbagi denganku
Tapi detik itu juga, tanpa melihat matamu aku mengerti
Mengapa aku harus mendapatkan informasinya
Tidak melalui bibirmu

Bibir yang selalu ingin menyenangkan hatiku

Lalu aku merasakan sebutir telur
Oh kejamnya, telur yang biasa aku makan setiap pagi
Kenapa pula harus ada di kepalamu?
Dia pasti sejenis telur jahat
Yang tega merenggut setiap sel dalam otakmu
Dan ternyata memang dia benar-benar jahat
Aku membaca setiap kejahatan dalam baris demi baris yang kudapat

Lalu aku melihat matamu
Mata yang tetap bersemangat
Mata yang selalu tersenyum
Bahkan sekarang
Dalam lingkaran kelelahan pun kamu tak mau berhenti
Sekedar istirahat atau apalah itu

Dan aku mengerti, setiap detikmu tak mau terenggut
Di tengah-tengah pasien itulah tempatmu
Dari rumah sakit ke rumah sakit
Dari Jakarta, Aceh, Jogja, Singapore ke entah kemana pun itu
Berbuat sebanyak mungkin,
Sebanyak mungkin
Dan sebanyak mungkin

Aku tidak pernah kehilanganmu, wahai jiwa yang selalu membuatku tersenyum
Aku akan terus melihat matamu
Mata yang mengajariku banyak hal
Tentang hidup ini, bagaimana tertawa
Dan membuatnya berarti

Detik demi detik, hari demi hari sampai ke penghujung waktu

`Aku masih di Merauke, jadi instruktur pelatihan untuk dokter-dokter di sini
Pulang selasa atau rabu. Aku sehat, hanya capek. Disini banyak kasus tapi peralatan tidak mencukupi. Kamu baik-baik ya, jangan sakit ya, benar ya jangan sakit ya...`

..Karena aku ingin engkau menghadapinya dengan senyaman mungkin. Jadi disinilah aku, berdiri di tempat yang kau inginkan..

2 Comments:

At Friday, June 16, 2006 12:05:00 AM, Anonymous Anonymous said...

Membacanya seperti ditusuk. Sedangkan aku berdiri disini, dibingkai norma dan pemikiranmu. Tapi aku akan tetap disini, memperhatikan dan melihatmu hingga bingkai itu kamu lepaskan dan meletakkan aku ditempat yang tak berdebu, tak teraba dan tak terlihat.


enka

 
At Saturday, June 17, 2006 9:28:00 PM, Blogger Dr.Opsi Yandra.P said...

hello mbak epti,bisa di add ya:)
thx

 

Post a Comment

<< Home